Pages

About Me

Total Pageviews

RSS

MAKALAH ORGANISASI SOSIAL KOMUNITAS INTEGRITAS (KOIN)

IDENTIFIKASI ORGANISASI SOSIAL KOMUNITAS INTEGRITAS (KOIN)
(Laporan Turun Lapangan Praktikum Sosiologi Pertanian)


Oleh

Kelompok 4
Farida Lukmi                          1514121052
Fitriyani                                   1514121039
Ihsania Niluh Jinggan             1514121038
Ikhwan Dwikesuma                1514121044
Imam Al-Muarif                      1514121006





JURUSAN AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015


I PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang

Manusia menurut kodratnya itu dilahirkan untuk menjadi bagian dari suatu kebulatan masyarakat. Dengan demikian manusia itu merupakan bagian dari suatu organisi sosial. Perhatikanlah kehidupan sehari - hari. Hampir semua kegiatan manusia dilakukan dalam kaitannya dengan orang lain dan daam kehidupan bersama dengan manusia lainnya.
Landasan dari adanya hasrat untuk selalu berada dalam kesatuan dengan orang lain adalah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan yang mendasar dan kebutuhan sosial maupun kebutuhan intergratif. Oleh karena manusia memiliki kebutuhan yang beraneka ragam, dan cara-cara yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan itupun bermacam-macam pula, maka manusia menentukan bentuk kehidupan sosial tertentu di tempat ia hidup dengan sebaik-baiknya.
Organisasi sosial manusia mewujudkan diri dalam bentuk kelompok sosial. Di dalam hubungannya antara manusia dengan manusia lain, agaknya yang


paling penting adalah reaksi yang timbul akibat hubungan-hubungan timbal balik antara sesama manusia. Reaksi tersebut menyebabkan tindakan seseorang menjadi bertambah luas. Manusia sejak dilahirkan sudah mempunyai dua hasrat atau keinginan pokok yaitu; 1) Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya yaitu masyarakat dan 2) Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya.
Untuk dapat menghadapi dan menyesuaikan diri dengan kedua lingkungan tersebut di atas, manusiamenggunakan pikiran, perasaan dan kehendaknya. Organisasi sosial atau social organization di dalam kehidupan manusia ini, merupakan himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama. Hubungan tersebut antara lain menyangkut kaitan timbal balik yang saling pengaruh- mempengaruhi dan juga uatu pertanyaan, apakah setiap himpunan manusia dapat dinamakan kelompok sosial? Untuk itu, diperlukan beberapa persyaratan tertentu, antara lain; 1) adanya kesadaran pada setiap anggota kelompok bahwa dia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan, 2) adanya hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lain, 3) adanya faktor yang dimiliki bersama sehingga hubungan antara mereka bertambah erat, yang dapat merupakan nasib yang sama, kepentingan


yang sama, tujuan yang sama, ideologi yang sama, 4) berstruktur,berkaidah dan mempunyai pola perilaku, 5) bersistem dan berproses.
Organisasi sosial adalah dimana terdapat suatu struktur organisasi dan suatu faktor, yang dimiliki bersama oleh anggota-anggota kelompok-kelompok itu, sehingga hubungan antara mereka bertambah erat. Faktor-faktor itu yang terdiri dari dimana merupakan nasib yang sama, kepentingan yang sama, ideologi yang sama, politik yang sama. Hal ini merupakan ikatan yang bersifat pokok untuk jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, kami mengambil UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)  sebagai contoh dalam makalah turun lapang praktikum sosiologi pertanian.
B.     Tujuan

1.      Mengetahui sejarah berdirinya UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)
2.      Mengetahui bagaimana cara untuk dapat menjadi anggota UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)
3.      Mengetahui struktur kepemimpinan pada UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)
4.      Mengetahui apa saja prestasi yang telah di capai oleh UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)





II TINJAUAN PUSTAKA



Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri (Anonim, 2015).
Organisasi formal atau resmi adaah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang atau masyarakat yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas dan tanggung jawabnya, serta memilki kekuatan hukum. Struktur yang ada juga menerangkan bagaimana bentuk saluran-saluran melalui apa komunikasi berlangsung. Kemudian menunjukkan tugas-tugas terspesifikasi bagi masing-masing anggotanya. Hierarki sasaran organisasi formal dinyatakan secara eksplisit. Status, prestise, imbalan, pangkat dan jabatan, serta prasarat lainya terurutkan dengan baik dan terkendali. Selain itu organisasi formal tahan lama dan mereka terencana dan mengingat bahwa ditekankan mereka beraturan, maka mereka relatif


bersifat tidak fleksibel. Contoh organisasi formal ádalah perusahaan besar, badan-badan pemerintah, dan universitas-universitas (Winardi, 2003).
Istilah organisasi dalam bahasa Indonesia atau organization dalam bahasa Inggris bersumber pada perkataan latin organization yang berasal dari kata kerja bahasa latin pula . Organizare, yang berartito form as or into a whole consisting of independent or coordinated parts (membentuk sebagian atau menjadi keseluruhan dari bagian-bagian yang saling bergantung atau koordinasi) (Effendy,2009).
Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusiamembentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri (Bryson, 2003).
Secara formal bagian-bagian sebuah organisasi dapat distrukturkan dalam:
a. Struktur Organisasi Berdasarkan Fungsi
Menggabungkan semua orang yang terlibat dalam suatu kegiatan atau beberapa kegiatan terkait menjadi satu bagian. Sebagai contoh sebuah organisasi dibagi berdasarkan fungsi bila mempunyai bagian-bagian produksi, pemasaran, dan penjualan yang secara terpisah.

b. Struktur Organisasi Berdasarkan Produk atau Pasar
Struktur organisasi berdasarkan produk adalah strukur organisasi yang mengumpulkan dalam satu unit kerja semua yang terlibat dalam produksi dan pemasaran dari sebuah produk atau kelompok produk yang terkait dan berhubungan dengan tipe pelanggan tertentu.

c. Struktur Organisasi Matriks
Pada organisasi ini ada 2 (dua) jenis struktur secara serempak. Bagian fungsional tetap (permanen) memiliki wewenang atas pelaksanaan standard profesional unit mereka, sementara tim-tim proyek diciptakan sejauh dibutuhkan untuk menjalankan program-program khusus. Anggota tim diambil dari berbagai bagian fungsional, dan melapor kepada manajer proyek, yang bertanggungjawab atas kerja tim (Stoner, 1996).


III HASIL DAN PEMBAHASAN



A.    Sejarah berdirinya UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)

Komunitas Integritas (KOIN) (KOIN) didirikan di Bandar Lampung pada tanggal 24 Oktober 2012. Komunitas ini terbentuk sebagai salah satu pelaksanaan dari memorandum  of understanding (MOU) antara Universitas Lampung dan lembaga IEN-TIRI untuk mengembangkan pendidikan integritas di Universitas Lampung.

Komunitas ini bergerak dibidang pendidikan integritas, dimana saat ini nilai-nilai integritas sudah mulai pudar dan dikesampingkan. KOIN merupakan suatu wadah atau komunitas bagi para mahasiswa unila untuk bersama-sama berdiskusi dan membenahi nilai-nilai integritas secara kritis, kemudian mengaplikasikan dan mengampanyekan nilai-nilai integritas dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai kegiatan bersama.

KOIN yang pada awalnya hanya merupakan sebuah komunitas yang terbatas keheterogenan anggotanya. Merasa bahwa integritas merupakan suatu kebutuhan dewasa ini di segala bidang kehidupan dan dirasa perlu melibatkan seluruh


jurusan dan fakultas di Unila. Maka pada tanggal 26 September 2013, melalui perdebatan panjang dan berliku KOIN akhirnya menjadi sebuah unit kegiatan mahasiswa universitas (UKM-U), sehingga diharapkan penyebaran integritas dapat menjalar ke setiap bidang kehidupan.        
    
B.  Cara untuk Dapat Menjadi Anggota UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)

Untuk menjadi sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa, tentulah membutuhkan anggota untuk menjalankan tugasnya. Dalam hal ini prosedur atau cara untuk menjadi anggota UKM-U Komunitas Integritas (KOIN) adalah sebagai berikut:
1.              Mengisi formulir kesediaan untuk menjadi anggota UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)
Dalam hal mengisi formulir tersebut, ada juga formulir untuk persetujuan orangtua, jika orangtua kita tidak menyetejuinya, maka secara otomatis persyaratan pertama telah gugur.
2.              Seleksi berkas
Seleksi berkas merupakan tahap awal pencalonan. Apabila salah satu berkas tidak lengkap, maka dengan sendirinya ia telah gugur dari psoses seleksi dan tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.
3.              Tes wawancara
Dalam tes wawancara ini, calon anggota akan benar-benar dipertanyakan integritasnya, kualitasnya, dan kesadarannya akan integritas. Apabila jawaban yang dilontarkan calaon anggota tidak sesuai dengan kriteria dari UKM-U Komunitas Integritas (KOIN), maka calan anggota hanya berhak sampai tahap itu saja.

4.         Magang
Pada tahap ini, calon anggota akan ikut bersimulasi menjadi anggota UKM-U Komunitas Integritas (KOIN). Yaitu mengikuti kegiatan UKM-U Komunitas Integritas (KOIN) selama 3 bulan.
5.         Wawancara
Wawancara ini, layaknya pantohir pada sistem sekolah kedinasan. Para calon anggota akan ditanya bagaimana dan apa yang ia dapatkan pada tahap magang selama 3 bulan tersebut. Apabila dalam proses magang tersebut calon anggota tidak bisa mengambil intisari atau manfaatnya, maka ia dinyatakan gugur menjadi anggota.
6.         Diklat
Tahap diklat ini merupakan tahap terakhir pada proses pencalonan anggota, dimana seluruh anggota baru akan di aajarkan bagaimana integritas itu sebenarnya.

C.      Struktur Kepemimpinan UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)

Adapun struktur kepemimpinan dari UKM-U Komunitas Integritas (KOIN) ini terdiri jadi dua pimpinan yaitu ketua umum dan sekretaris. Berikut adalah diagram struktur kepemimpinannya:





D.    Prestasi Yang Telah Dicapai Oleh UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)
Adapun prestasi yang telah dicapai UKM-U Komunitas Integritas (KOIN) adalah sebagai berikut:
1.      Mewakili Indonesia dalam acara Konferensi Anti Korupsi Intradisipliner (2013) di Asia Pasifik.
2.      Tiga tahun berturut-turut mengirim delegasi di acara Integrity Youthcam di Denmark
3.      Delegasi acara Indonesia Youth Conference
4.      Bina desa di Lampung Barat


 DAFTAR PUSTAKA



Bryson, J.M., 2003. Strategi Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial.                                    Pustaka Pelajar:Yogyakarta

Effendy, Onong Uchjana. 2009Pengertian Komunikasi Massa. Rajawali Pers:Jakarta
Winardi, J. 2003. Teori Organisasi & Pengorganisasian. Jakarta. Rajawali Pers
Stoner James, DKK, 1996, Manajemen, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit PT.
Prenhallindo, Jakarta.       








IV KESIMPULAN


Adapun kesimpulan dari laporan turun lapang ini adalah :
1.      UKM-U Komunitas Integritas (KOIN) berdiri pada tahun 2012 sebagai komunitas, kemudian disahkan menjadi UKM-U pada 2013.
2.      Untuk menjadi anggota UKM-U Komunitas Integritas harus melalui proses seleksi berkas, wawancara, dan magang
3.      Struktur kepemimpinan UKM-U Komunitas Integritas terbagi menjadi dua yaitu ketua umum dan sekretaris yang masing-masing membawahi tiga bidang dan biro.
4.      Banyak sekali prestasi yang telah dicapai oleh KOIN baik nasional maupun Internasional.





LAMPIRAN

Gambar 1. Prestasi UKM-U Komunitas Integritas (KOIN)

Gambar 2. Foto Bersama Anggota KOIN

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment